Signal El-Nino 2006

jason_enso_2006_small.jpgSiaran pers NASA menyatakan bahwa signal El-Nino terlihat di Samudera Pasifik (lihat gambar, sumber: NASA). Gambar di samping adalah hasil olahan dari pengamatan satelit altimetri Jason, didasarkan pada harga rerata 10 hari dengan hari tengah 15 September 2006 dibandingkan terhadap data klimatologis hasil pengamatan 1993-2005.

Pada gambar itu terlihat bahwa sea surface height (ketinggian muka laut) di Pasifik tengah dan timur berada di atas normal (ditunjukkan oleh warna kuning, oranye dan merah), sementara di Pasifik barat berada di bawah normal (warna biru dan ungu), sementara itu warna hijau menunjukkan kondisi normal. Seperti sudah banyak diketahui, salah satu parameter di laut yang biasa digunakan untuk mengindikasikan signal El-Nino adalah ketinggian muka laut dibandingkan terhadap harga normalnya. Ketika air laut menghangat, akan terjadi ekspansi termal yang mengakibatkan naiknya volume air laut.

Namun demikian, menurut para peneliti, signal yang terdeteksi itu relatif masih cukup lemah dan mereka tidak dapat memastikan apakah signal itu akan tetap bertahan atau tidak. Namun dari berita di Buletin El-Nino tanggal 3 Oktober 2006 dinyatakan bahwa dari hasil pengukuran satelit altimetri didapatkan elevasi permukaan laut merambat (propagating) di Samudera Pasifik dari barat ke timur sejak akhir Juli 2006 hingga awal Agustus. Suhu permukaan laut (SPL) berada 0,5°C di atas normal sejak pertengahan September. Kondisi ini diperkirakan akan menyebabkan El-Nino di akhir 2006 (dengan probabilitas 55-60%) dan berlanjut hingga awal 2007.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: